jangan baca ja artikelnya, pahami juga uisinya y :D

Rabu, 17 Oktober 2012

sumpah pemuda

   sumpah pemuda adalah perjuangan rakyat indonesia yang selama  ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945. hari sumpah juga sebagai hari lahir banagsa indonesia yaitu pada tanggal 28 oktober 1928.

   sumpah pemuda mengikatakan kita milik kita bersama, tidak peduli dari kalangan agama atauppun suku mana pun ,atau kalangan politik sekalipun. sumpah pemuda mengikarkan bahwa kita adalah satu bangsa ,satu tanah air, dan satu bangsa.

    Dalam peristiwa sumpah pemuda yang bersejarah tersebut diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia untuk yang pertama kali yang diciptakan oleh W.R. Soepratman. Lagu Indonesia Raya dipublikasikan pertama kali pada tahun 1928 pada media cetak surat kabar Sin Po dengan mencantumkan teks yang menegaskan bahwa lagu itu adalah lagu kebangsaan. Lagu itu sempat dilarang oleh pemerintah kolonial hindia belanda, namun para pemuda tetap terus menyanyikannya.

   Berbagai peristiwa menjadikan bukti nyata bahwa pemuda selalu menjadi garda terdepan dalam usaha-usaha perbaikan bangsa. Benang merah dari berbagai peristiwa tersebut, bahwa pemuda indonesia selalu menempatkan dirinya sebagai agen perubahan (agent of change) bagi negerinya. Konsepsi peranan ini menempati pikiran dan tindakan mereka untuk selalu menggelorakan perubahan sosial pada bangsa ini.

    Pendidikan  pada generasi muda penerus sangat menentukan percepatan kemajuan bangsa. Sekarang ini untuk mendapatkan mutu pendidikan yang baik, biayanya sangat mahal, emak-emak kok jadi mengeluh gini.

   makna sumpah pemuda adalah sebagai pemuda jadilah generasi penerus yang bisa menmbuat bangga pada generasi yang sudah gugur. kalian harus punya semangat yang tinggi dan jangan mudah panas ketika di hina orang lain kuatkan tekad kalin itu.

mungkin ini saja yang saya bisa posting
tolong di comment gan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar